Image hosted by Photobucket.com

Cat's Wisdom

ThinkExist Dynamic daily quotation

The Lady Cat

dee. twenty something. single. a wannabe writer who's currently stuck living an editor's life. always have the perfect reason not to write. love lavender, cheese, tiramisu, tea, and cats. thinking of becoming a cheetah in the next life. current cat pet: 0. current dead cat pet: 5
mail the cat
Friendster Me
It's My Multiply
Cerpen, Dongeng, Etc.

Currently Feeling


Bleh! Ini kantor ber-AC atau sauna?


Currently Reading

Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Judul Buku: Ulysess Moore: Door to Time

Nggak ada yang lebih menarik dari sebuah rumah tua. Ada banyak misteri, teka-teki, dan pertanyaan. Gabungkan dengan pemiliknya yang misterius dan tiga anak yang penasaran. Hasilnya adalah petualangan ke tempat yang nggak terduga.

Currently Listening

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Penyanyi : Shinhwa
Judul Album: Inspiration #1(2006)

Salah satu artis korea favorit gue adalah Shinhwa. Di album teranyar (paling gak yang gue dapat), mereka masih setia dengan irama lama mereka yang serba ngebeat (walau ada beberapa yang ballad). Lagu yang paling gue sukai adalah Paradise, Bokurano, Throw Your Fist.

Currently Watching

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Judul: 4400
Pemain: Patrick Flueger, Joel Gretsch, Jacqueline McKenzie

4400 bertutur tentang kisah 4400 orang yang hilang dari tahun 45 dan mendadak muncul bersama-sama. Bukan itu saja, mereka mendadak punya kekuatan ekstra. Ada apa di balik semua ini? Benarkah ada alien terlibat? Lumayan bagus, meski saya lebih suka Heroes.

Leave Your Mark



Vote For The Cat!



Create polls and vote for free. dPolls.com

Another Cats on the Roof

Fellow Friends
Arif Susanto
Chic-ers Talk
Hannie
Linda
Mel
Peny
Putsky
Sontoloyo
Yunita: Bukan Janda Kembang

Fellow KG-ers
Andrew/Ilovesherina
Colleen Lupe
Dian Ara
Ireth
Jack13
Jeffry Lubis
Muncha: L'Arcoholic Anonymous

Fellow Writers
Agung Bawantara
A.S. Laksana
Ollie
Primadonna Angela
Syafrina Siregar

Cat's Scratches

Credits Given

Powered By: Blogger
Lay Out By: Trina
Lay Out Picture is the original work of: Makoto Muramatsu
Picture Hosting By: ember foto dan weblogimages
Icons By: kao-ani.com, kawaiiness.com, and real facemark animation

BlogFam Community

Tuesday, November 29, 2005

The Fall and Rise of Dee

Dua hari yang lalu, pengumuman lomba penulisan novel Grasindo sudah keluar.
Hasilnya, seperti sudah bisa ditebak, gue gagal. Kecewa? Iyalah. Mana mungkin orang gagal malah tebar-tebar confetti.

Tapi gue tetap lega kok.

Pertama, gue dikenal sebagai penulis yang cuma nulis setengah-setengah. Belum ada satu novel yang lengkap. Semuanya setengah jalan. Lomba inilah yang mendorong gue kok untuk menulis novel pertama dengan lengkap! Gue dipaksa untuk melompati batas yang gue miliki dan mengalahkan rasa malas yang luar biasa itu.

Kedua, inilah konsekuensi hasil keputusan gue. Sudah tahu temanya tentang teenlit tapi malah nulisnya tentang kehidupan remaja di dunia fantasi... gyahahahahaa... melenceng jauh sekali dari planet bumi, letnan! Belum lagi ditambah bumbu adventure, sihir, dan misterinya. Dan ketika kamu berbeda dengan yang lain (bayangkan di sebuah kotak di mana sebuah bola berwarna merah sementara kamu menjadi bola berwarna hitam), kamu bisa jadi diambil atau sebaliknya, dibuang jauh-jauh karena ngerusak tema. Udah jelas kan gue yang mana?

Yang ketiga, gue mungkin bisa memaksakan diri menulis teenlit dengan gaya penulisan penulis muda sekarang. Buat tokoh cewek cantik, ketemu cowok ganteng, tambah saingan yang suka sirik, kasih percikan konflik-konflik khas anak muda....jadi deh. Tapi untuk apa gue tetap menulisnya kalau secara pribadi nggak memuaskan?

Keempat, penulis yang baik juga sebaiknya belajar to deal with rejection. Semua penulis besar, gue pikir, pernah ditolak. Gue pernah membicarakan ini di milis, dan hasilnya menarik. Begitu banyak penulis yang pernah ditolak. Ada yang puluhan kali. Ada yang menuliskan perbandingan penolakan itu 10:4 (kalau tidak salah). Artinya 10 kali ngirim, 4 diterima.

Lalu gue sempat berdo'a. Tuhan, kalau memang kegagalan ini akan membentuk gue menjadi penulis yang seribu kali lebih baik, kalau kegagalan ini akan membuat tulisan gue setaraf dengan tulisan Agatha Christie, Stephen King, dan Michael Crichton.... gue rela. Gue ridho dunia akhirat. Bahkan seribu kali kegagalan seperti ini juga gue terima kalau ini akan membantu gue mendapatkan penghargaan nobel or something like that di masa depan.

Jadi, lebih baik gue konsentrasi pada dua hal sekarang. Lomba menulis thriller di Mizan dan memperbaiki naskah yang ditolak Grasindo saja. Hey, penerbit gak cuma Grasindo saja kan?

Ada yang mau jadi reader gue kalau nanti perbaikannya sudah selesai?

Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com